Jumat

TOEFL SKILL 9-10


Skill 9: Noun Clause Connectors
 
NOUN CLAUSE CONNECTORS
what, when, where, why, how
whatever, whenever


whether (apakah), if (apakah)
that (bahwa / sering tidak diartikan)


Contoh:
I know what you did
I: Subjek
V:Verb
What: Noun Connector
You: Subjek
Did (mengerjakan): Verb
Contoh diatas dapat kita ketahui bahwa Noun Clause (what you did) berfungsi sebagai objek kalimat. 

Contoh
What you did was wrong
What: noun connector
you: subjek
did: verb
was: verb
Contoh diatas dapat kita ketahui bahwa Noun Clause (what you did) berfungsi sebagai subjek kalimat.

Noun clause merupakan sebuah bentuk clause (klausa) yang berfungsi sebagai sebuah noun (kata benda) yang berarti bisa menduduki kedudukan noun yaitu: sebagai subjek atau objek kata kerja atau objek dari preposition (kata depan).
  1. I know when he will arrive. (noun clause sebagai objek dari verb)
  2. I am concerned about when he will arrive. (noun clause sebagai objek dari preposition)
  3. When he will arrive is not important. (noun clause sebagai subjek kalimat)

Pada contoh kalimat pertama, terdapat dua klausa, I know dan he will arrive. Ke dua klausa ini dihubungkan oleh connector (kata penghubung) when. When mengubah klausa he will arrive menjadi sebuah noun clause yang berfungsi sebagai objek dari kata kerja know.
Pada Contoh ke dua, ke dua klausa I know dan he will arrive yang dihubungkan oleh connector (kata penghubung) when. When mengubah klausa he will arrive menjadi sebuah noun clause yang berfungsi sebagai objek dari preposition about.
Pada contoh ke tiga lebih sulit. Pada contoh kalimat ini, terdapat dua klausa, tapi agak susah untuk dikenali.  He will arrive merupakan subjek dari kalimat.Perhatikan:

When he will arrive is not important.
When he will arrive (subjek)
When: connector
he: subjek
will arrive: verb dari klausa he will arrive
is: verb dari kalimat
Contoh di bawah ini menggambarkan bagaimana pola kalimat ini dijadikan sebagai soal dalam test Structure TOEFL
Contoh
_______ was late cused many problems.
a) That he
b) The driver
c) There
d) Because
Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas mempunyai 2 verb (was dan caused) dan setiap verb butuh subjek. Sementara dari kalimat di atas tidak nampak satupun subjek. Jadi kita butuh 2 subjek. Jawaban d) Because jelas salah karena bukan subjek. c) dan b) hanya punya 1 subjek. Jadi pilihan jawaban paling tepat yaitu: a) That he. He merupakan subjek dari was. Sementara that menjadi connector yang mejadikan status he was late menajadi subjek dari verb caused. Perhatikan:
  • He was late.
  • It caused many problems.
  • That he was late caused many problems. (kenyataan bahwa dia terlambat menyebabakan banyak masalah)



1. I did not believe the story ____ told me.
      (A) that he
      (B) he was
      (C) that was he
      (D) was
2. Ms. Brown, _____ recommended for the job, will start work tomorrow.
      (A) who did you
      (B) what you
      (C) who you
      (D) when you
3. The lecture notes which ___ were not clearly written.
      (A) lent me
      (B) lent by me
      (C) i lent
      (D) i lent it
4. Sally has an appointment with the hairdresser ___ you recommended.
      (A) who        
      (B) whom
      (C) what
      (D) what if
5. The phone number that you gave me ______.
      (A) is wrong
      (B) that wrong
      (C) wrong
      (D) was wrong
6. She is able to solve all the problems ___  she caused.
      (A) which
      (B) who
      (C) what
      (D) whom     
7. The day ____ she spent on the beach left her sunburned.
      (A) was that
      (B) then
      (C) if
      (D) that
8. Next week I am going to visit my cousins, ____ i have not seen in several years.
      (A) that         
      (B) whom
      (C) what
      (D) who
9. Did you forget the promise ____ you made?
      (A) that         
      (B) which
      (C) whom
      (D) that
10. The job _____ started yesterday was rather difficult.
      (A) when
      (B) was
      (C) after
      (D) that he



Skill 10: Noun Clause Connectors/Subjects

NOUN CLAUSE CONNECTORS/SUBJECTS

Who                what                   which
Whoever       whatever         whichever








S     V               noun connector/subject             V
I     know                      what                          happened
Contoh diatas dapat kita ketahui bahwa 'what' tidak hanya berfungsi sebagai connector saja tapi juga sekaligus subjek dari noun clause 'what happened.'

Contoh

noun connector/subject          V                 V 
            What                       happened     was great
Contoh diatas dapat kita ketahui bahwa 'what' tidak hanya berfungsi sebagai connector saja tapi juga sekaligus subjek dari noun clause 'what happened.' Dan 'what happened' berfungsi menjadi subjek dari kalimat What happened was great.
Pada skill sebelumnya (skill 9), kita pelajari bahwa noun clause connector berfungsi sebagai connector (kata penghubung). Dalam skill 10 ini kita akan mempelajari bahwa noun clause sonnector (kata penghubung noun clause) tidak hanya berfungsi sebagai connector tapi juga dapat sekaligus menjadi subjek dari noun klausa.
  1. I do not know what is in the box.
  2. We are concerned about who will do the work.
  3. Whoever is coming to the party must bring a gift.
Pada contoh kalimat pertama, terdapat dua klausa, I do not know dan what is in the box. Ke dua klausa ini dihubungkan oleh connector (kata penghubung) what. Perlu diketahui dalam kalimat ini connector 'what' mempunyai 2 peran: sebagai subjek dari kata kerja 'is' juga sebagai connector yang menghubungkan ke 2 klausa.
Pada Contoh ke dua, terdapat dua klausa . Pada klausa pertama,  we merupakan subjek dari are. Pada klausa ke 2, who merupakan subjek dari will do. Who juga berfungsi sebagai connector yang menghubungkan antara ke dua klausa tersebut. Noun clause who will do the work berfungsi sebagai objek dari preposition about.
Pada contoh ke tiga, Juga terdapat dua klausa: whoever sebagai subjek dari is coming. Whoever is coming to the party merupakan subjek dari must bring. Kata connector 'whoever' berfungsi sebagai subjek dari kata kerja is coming dan juga sebagai connector yang menghubungkan ke dua klausa tersebut.
Contoh
____ was on television made me angry
  1. It
  2. The story
  3. What
  4. When
Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas mempunyai 2 verb (was dan made) dan setiap verb butuh subjek. Jawaban A dan B karena subjek 'It' dan 'the story' tidak bisa menjadi subjek dari 2 verb (was dan made) sekaligus. Jawaban D jelas salah karena when bukanlah sebuah subjek. Pada jawaban C kata what berfungsi sebagai subjek dari was dan juga sebagai connector ke dua klausa di atas.; noun clause 'what was on television' merupakan subjek dari verb 'made.' Olehnya jawaban terbaik yaitu C. What.

1. Modern humans, who first appeared about 600,000 years ago, _____ Homo sapiens.
    (A) calling
    (B) were called
    (C) they called
    (D) they were called
2. The first writing _____ evidence of is on Mesopotamian clay tablets.
    (A) we
    (B) that we
    (C) has
    (D) that we have
3. _____ drought-resistant plants which store water in fleshy tissue.
    (A) Succulents are
    (B) Succulents
    (C) They are succulents
    (D) Succulents which are
4. Benjamin Kabelsky, whom ____ as Jack Benny, was a famous comedian in vaudeville and on radio and  television.
    (A) most people’s knowledge
    (B) most people know
    (C) knowing most people
    (D) the knowledge of most people
5. _____ that hunted other animals tended to have very narrow, sharp, curved claws.
    (A) For dinosaurs
    (B) Dinosaurs are known
    (C) Dinosaurs
    (D) Like dinosaurs
6. The first eyeglasses had convex lenses for the aged who ____ farsighted.
    (A) had become
    (B) they had become
    (C) becoming
    (D) it became
7. Chimney Rock, ____ 500 feet above the North Platte River, has eroded considerably in the last two centuries,
    (A) stands
    (B) is standing
    (C) it stands
    (D) which stands
8. _____ that accompany recurring bouts of severe depression reduce bone density.
    (A) It changes hormones
    (B) Hormonal changes
    (C) The hormones change
    (D) The change in hormones is
9. Willa Cather is an author _____ for her evocative and memorable vision of frontier prairie life.
    (A) whom readers
    (B) the praise of readers
    (C) whom praisings
    (D) whom readers praise
10. Mars’s tiny moon Phobos is a small mountain of rock that _____ from the asteroid belt by Mars’s gravitational pull.
      (A) was probably captured
      (B) it probably
      (C) the probable capture
      (D) probably the capture




Sumber: 

Senin

BAB 13: PROSES PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH

Penelitian ilmiah adalah rangkaian pengamatan yang sambung menyambung, berakumulasi dan melahirkan teori-teori yang mampu menjelaskan dan meramalkan fenomena-fenomena. Penelitian ilmiah sering diasosiasikan dengan metode ilmiah sebagai tata cara sistimatis yang digunakan untuk melakukan penelitian.
Penelitian ilmiah juga menjadi salah satu cara untuk menjelaskan gejala-gejala alam. Adanya penelitian ilmiah membuat ilmu berkembang, karena hipotesis-hipotesis yang dihasilkan oleh penelitian ilmiah seringkali mengalami retroduksi.

A.    Tahapan Pembuatan Karya Ilmiah
Dalam menyusun karya ilmiah ada berbagai tahapan yang diperlukan antaralain adalah sebagai berikut :
                1.      Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan, penulis suatu karya ilmiah harus mempersiapkan topik. Hal ini berarti penulis harus menentukan apa yang dibahas dalam tulisan. Kadang-kadang topik ditentukan oleh dosen, tetapi kadang pemilihan topik ditentukan oleh mahasiswa itu sendiri secara bebas. Topik dapat dipilih misalnya mengenai persoalan kemasyarakatan,  pertanian, manajemen, sumber daya manusia, hukum, dan sebagainya. Tahap persiapan atau prapenulisan adalah ketika penulis menyiapkan diri, mengumpulkan informasi, merumuskan masalah, menentukan fokus, mengolah informasi, menarik tafsiran terhadap realitas yang dihadapinya, berdiskusi, membaca, mengamati, dan lain-lain yang memperkaya masukan kognitif yang akan diproses selanjutnya.
Dalam tahap persiapan dilakukan:
a.       Pemilihan masalah atau topik dan mempertimbangkan
  • Topik yang akan di pilih harus yang ada di sekitar penulis.
  • Topik yang di pakai harus topik yang paling menarik dari topik yang ada.
  • Pembahasan harus terpusat pada segi lingkup sempit dan terbatas. 
  •  Memilki data dan fakta yang obyektif dan mencukupi. 
  •  Harus diketahui prinsip-prinsip ilmiahnya meskipun sedikit. 
  •  Harus memiliki sumber acuan atau bahan kepustakaan yang bisa dijadikan referensi.
b.      Pembatasan topik atau penentuan judul
  • Pembatasan topik harus dilakukan sebelum penulisan karya ilmiah dilakukan.
  • Penentuan judul dapat dilakukan sebelum penulisn karya ilmiah atau setelah selesai  penulisan karya ilimiah tersebut. 
  •  Penentuan judul karya ilmiah harus dapat menjawab dari pertanyaan yang mengandungunsure 4W + 1H yakni what (apa), why (kenapa), who (siapa), where (dimana) dan how (bagaimana).
  • Pembuatan kerangka karangan (outline)
  • Membimbing untuk memulai menyusun kerangka karangan.
  • Membuat pedoman penulisan karya ilmiah sehingga tidak menjadi tumpang tindih dalam penulisannya.
  • Pembuatanrencana daftar isi dari karya ilmiah. 2.

                2.      Tahap Pengumpulan Data
Tahap pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan peristiwa, mencari informasi melalui wawancara informan, mencari informasi melalui pencatatan dokumen dalam kartu data, melakukan eksperimen di laboratorium, melakukan rekaman audio, dan catatan lapangan yang lengkap yang diperlukan dalam tahap-tahap penelitian. Pada tahap pengumpulan data hal yang di lakukan antara lain sebagai berikut :
  1. Pencarian berbagai keterangan dari bahan bacaan atau referensi tentang karya tulis yang kita buat. 
  2. Pengumpulan keterangan dari pihak-pihak yang mengetahui masalah yang akan dijadikan tema dalam karya ilmiah. 
  3. Pengamatan langsung (observasi) ke obyek yang akan diteliti dan dijadikan tema dari karya ilmiah. 
  4. Melakukan percobaan di labolatorium atau pengujian data di lapangan.

                3.      Tahap Pengorganisasian atau Pengonsepan
Setelah kita mengumpulkan berbagai data yang kita peroleh, maka tahap selanjutnya tahap pengonsepan data. Pada tahap pengonsepan ini adalah kita melakukan penyeleksian data yang kita peroleh dari berbagai refensi dan sumber media yang membantu proses dalam karya ilmiah kita dan kemudian kita mengelompokan bahan dari berbagai referensi.
Pengelompokan bahan untuk mengorganisasikan bagian mana yang akan temasuk dalam karya ilmiah, data yang telah terkumpul diseleksi kembali dan dikelompokan sesuai jenis, sifat dan bentuk data.
Pengkonsepan karya ilmiah dilakuakn sesuai dengan urutan dalam kerangka karangan yang telah ditetapkan.

                4.      Tahap Penyuntingan Konsep
Sebelum mengetik konsep, penelitian harus memeriksa data yang sudah dianalisis tersebut. Hal-hal yang tidak koheren atau penjelasan yang berulang-ulang dapat diedit. Pada tahap ini bertujuan untuk Melengkapi data yang dirasa masih kurang. Membuang dan mengedit data yang dirasa tidak relevan serta tidak cocok dengan  pokok bahasan karya ilmiah.
Mengedit setiap kata-kata dalam karya ilmiah untuk menghindari penyajian bahan- bahan secara berulang-ulang atau terjadi tumpang tindih antara tulisan satu dengan tulisan yang lain. Mengedit setiap bahasa yang ada dalam karya ilmiah untuk menghindari pemakaian  bahasa yang kurang efektif, contoh dalam penyusunan dan pemilihan kata,  penyesuaian kalimat, penyesuaian paragraph, maupun penerapan kaidah ejaan sesuai EYD.

                5.      Tahap Penyajian
Dalam tahap penyajian, peneliti siap menyusun karya ilmiah tersebut untuk dibaca orang lain. Maka, penataan segi teknis dan materi harus diperhatikan dengan cermat oleh  peneliti karya ilmiah. Teknik penyajian karya ilmiah harus dengan memperhatikan :
  1. Segi kerapian dan kebersihan karya ilmiah itu.
  2. Tata letak (layout) unsure-unsur dalam format karya ilmiah, misal pada halaman  pembuka, halaman judul, daftar isi, daftar table, daftar grafik, daftar gambar, daftar pustaka, dll.

Sumber:
http://kasihfalentina.blogspot.co.id/2015/05/proses-penyusunan-karya-tulis-ilmiah.html

Minggu

BAB 11: FORMAT KARANGAN ILMIAH

BAGIAN AWAL

1. Halaman sampul. Berisi judul secara lengkap, kata “karya ilmiah” diajukan sebagai…, lambang, nama penulis, Institusi, tahun, kota.

2. Lembar Persetujuan. Berisi, Karya Ilmiah oleh…, ini telah disetujui untuk dipresentasikan. Nama lengkap pembimbing 1 dan pembimbing 2, serta tanda tangan keduanya.
3. Abstrak. Berisi latar belakang, masalah yang diteliti, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, kesimpulan yang dapat ditarik, serta jika ada saran yang diajukan.
Note: Pembuatan abstrak dilakukan ketika peneliti telah sampai pada kesimpulan dari penelitian. Abstrak berisi garis besar dari penelitian yang dilakukan peneliti.
4. Kata pengantar. Berisi ucapan syukur, ringkasan penelitian, ucapan terimakasih, harapan kritik dan saran yang membangun.
5. Daftar isi. Memuat judul bab, judul subbab, judul anak subbab yang disertai nomor halaman tempat pemuatannya dalam teks. Semua judul bab dikerik dengan huruf capital.
6. Daftar tabel. Memuat nomor table, judul table, serta nomor halaman untuk setiap tabel. Judul tabel yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal, antara judul tabel yang satu dengan judul tabel yang lain di beri jarak 2 spasi. 
7. Daftar gambar. Cantumkan nomor gambar, judul gambar, dan nomor halaman tempat pemuatannya dalam teks.


BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Penelitian
Diuraikan tentang garis besar yang akan diselidiki/diamati, mengapa diselidiki, bagaimana menyalidikinya dan untuk apa diselidiki atau diteliti.

B. Identifikasi Masalah
Menguraikan lebih jelas tentang masalah yang telah ditetapkan pada latar belakang penelitian. Di dalamnya berisi rumusan eksplisit masalah yang terkandung pada suatu fenomena. Perumusannya diurut sesuai dengan urutan intensitas pengaruhnya dalam topic penelitian. Bentuknya biasanya berupa kalimat pertanyaan atau dapat pula berupa kalimat pernyataan yang menggugah perhatian.

C. Batasan masalah
Penggunaannya agar permasalahan yang akan dibahas tidak melebar, dengan pembatasan masalah jenis atau sifat hubungan antara variabel yang timbul dalam perumusan masalah, dan subek penelitian semakin kecil ruang lingkupnya. Batasan masalah biasanya diuraikan dalam bentuk kalimat pernyataan.

D. Rumusan masalah
Merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pertanyan-pertanyaan yang hendak dicarikan jawabannya, pernyataan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan identifikasi masalah. Dalam format kalimat Tanya. Rumusan masalah yang baik akan menampilkan variabel yang akan diteliti, jenis atau sifat hubungan antara variable tersebut, dan subjek penelitian.

E. Tujuan penelitian
Maksud atau hal-hal yang ingin dicapai, serta sasaran yang dituju oleh peneliti. Di tuangkan dalam bentuk kalimat pernyataan.

F. Kegunaan Penelitian
Harapan yang berkaitan dengan hasil penelitian, baik praktis maupun teoritis. Sampai seberapa jauh hasil penelitian bermanfaat dalam kegunaan praktis, serta pengembangan sesuatu ilmu sebagai landasan dasar pengembangan selanjutnya. Harus ada keseimbangan antara kegunaan hasil penelitian untuk aspek ilmu dengan aspek praktis.

G. Kerangka Pemikiran
Uraikan cara mengalirkan jalan pikiran peneliti menurut kerangka teori dan kerangka konsep yang logis, dengan kerangka berpikir deduktif. Biasanya disajikan dalam bentuk diagram alur.

H. Hipotesis Penelitian.
Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang akan diidentifikasikan. Bentuk kalimatnya adalah kalimat pernyataan menurut ketentuan “proporsional”, yaitu kalimat yang terdiri dari dua variable. Hipotesis penelitian diajukan setelah peneliti melakukan kajian pustaka, karena pada dasarnya penelitian adalah rangkuman dari kesimpulan teoritis yang diperoleh dari kajian pustaka.


BAB II KAJIAN PUSTAKA

Kajian pustaka memuat dua hal pokok:

  1. Deskripsi teoritis tentang objek / variable yang diteliti.
  2. Kesimpulan tentang kajian yang antara lain berupa argumentasi atas hipotesis yang telah diajukan pada bab 1.

Pemilihan bahan kajian pustaka didasarkan pada dua kriteria:

  1. Prinsip kemuthakiran (kecuali untuk penelitian historis)
  2. Prinsip relevansi.
Setiap keerangan yang diperoleh dari sumber pustaka dan dicantumkan dalam karya tulis wajib diikuti keterangan acuan (rujukan).


BAB III METODE PENELITIAN

A. Rancangan Penelitian
Strategi mengatur latar penelitian agar peneliti memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik variabel dan tujuan peneliti.

B. Populasi dan sampel
Populasi dan sampel tepat digunakan pada penelitian kuantitatif. Akan tetapi jika sasaran penelitiannya adalah seluruh anggota populasi, akan lebih cocok digunakan istilah subjek penelitian, terutama dalam penelitian eksperimental. Dalam survey sumber data lazim disebut responden dan dalam penelitian kualitatif disebut informan. Hal yang dibahas dalam bagian populasi dan sampel adalah:
  1. Identifikasi dan batasan tentang populasi dan sampel.
  2. Prosedur dan teknik pengambilan sampel.
  3. Besarnya sampel.

C. Instrumen penelitian
Kemukakan instrument yang digunakan untuk mengukur variable, setelah itu dipaparkan prosedur pengembangan instrument pengumpul data atau pemilihan alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian.

D. Teknik pengumpulan data
Bagian ini menguraikan:
  1. Langkah-langkah yang ditempuh dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data.
  2. Kualifikasi dan jumlah petugas yang terlibat dalam proses pengumpulan data.
  3. Jadwal serta waktu pelaksanaan pengumpulan data.

E. Analisis Data
Uraikan jenis analisis statistic apa yang digunakan


BAB IV HASIL PENELITIAN

A. Deskripsi data
Uraikan masing-masing variable yang diteliti. Dalam deskripsi data untuk masing-masing vaiabel dilaporkan hasil penelitian yang telah diolah dengan teknik statistic deskriptif, seperti : distribusi frekuensi, grafik atau histogram, nilai rerata, simpang baku, dll.

B. Pengujian hipotesis
Uji hipotesis adalah metode pengambilan keputusan yang didasarkan dari analisis data, baik dari percobaan yang terkontrol, maupun dari observasi (tidak terkontrol). Dalam statistik sebuah hasil bisa dikatakan signifikan secara statistik jika kejadian tersebut hampir tidak mungkin disebabkan oleh faktor yang kebetulan, sesuai dengan batas probabilitas yang sudah ditentukan sebelumnya.
 

 BAB V ANALISA DAN PEMBAHASAN

Tujuan dari bab pembahasan ini adalah :
  1. Menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian dicapai.
  2. Menafsirkan temuan penelitian.
  3. Menganalisis hasil penelitian.
  4. Mengintegrasikan temuan penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah mapan.
  5. Memodifikasi teori yang ada atau menyusun teori baru.
  6. Menjelaskan implikasi lain dari hasil penelitian, termasuk keterbatasan temuan penelitian.


BAB VI PENUTUP

A. Kesimpulan
Kesimpulan terkait langsung dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Kesimpulan juga dapat ditarik dari hasil pembahasan. Kesimpulan penelitian merangkum semua hasil penelitian yang telah diuraikan secara lengkap dalam BAB IV.

B. Saran
Saran yang diajukan hendaknya selalu bersumber pada temuan penelitian, pembahasan, dan kesimpulan hasil penelitian. Saran dapat ditunjukkan pada suatu instansi seperti pemerintahan, lembaga, ataupun swasta, ataupun pihak lain yang dianggap layak.

Daftar Pustaka
  1. Baris pertama di mulai pada margin sebelah kiri, baris kedua dan selanjutnya di mulai dengan 3 ketukan ke kanan.
  2. Jarak antar baris adalah 1,5 spasi.
  3. Daftar pustaka diurut berdasar abjad huruf pertama nama penulis.
  4. Jika penulis yang sama menulis beberapa karya ilmiah yang dikutip, nama penulis harus dicantumkan ulang.
Teknik:
  1. Nama penulis yang diawali dengan penulisan nama keluarga.
  2. Tahun terbit karya ilmiah yang bersangkutan.
  3. Judul karya ilmiah dengan menggunakan huruf besar untuk huruf pertama tiap kata kecuali untuk kata sambung dan kata depan, ditulis dengan format huruf miring.
  4. Data publikasi berisi nama tempat kota dan nama penerbit.
Contoh:
Hadi, Sutrisno. 1984. Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Sumber: